Selasa, 11 Desember 2012

perbedaan kangen dan rindu

    Selamat siang pengunjung blog ini,shift malam jd rasanya ngantuk berat tapi ga bisa tidur nih hehe :D :D :D
yaudah acaranya coret-coret aja sampai tidur.. ok kali ini cuma mau bahas tentang perbedaan antara kangen dan rindu,, wuihh judulnya menyayat bagi orang perantau seperti saya ini :D
  menurut pendapat saya nih, rindu dan kangen itu beda loh,lalu? kira-kira apa yg membuat saya ngomong begitu? bukankah dalam kamus bahasa indonesia kangen itu sama aja dengan rindu? hehe iya betul alias tidak salah,, tapi dalam kawruh bahasa jawa banyak kata yang di dapat dari kepanjangan, misalnya :
kerikil = keri nang sikil
asma/asmo = asal mangap/asal ngomong
tandur = nata mundur
dan masih banyak lagi kata yang berasal dari kepanjangan
   sedang kangen sendiri singkatan dari kekarepan angen (keinginan angan) dan rindu singkatan dari rintihan dada ingin bertemu (sumber: orang tua jaman dulu hehe). sekali lagi saya katakan ini cuma pendapat,dan sama sekali tak ada maksud untuk memulai perdebatan :)
  sebelumnya saya sempat googling dgn mengetik: "perbedaan kangen dan rindu" dan menemukan beberapa blog yang mengulasnya,mengatakan kangen dan rindu itu sama saja,, tapi ada satu blog yang menerangkan kangen dan rindu itu beda, cuma penjelasannya berbeda dengan yang saya ulas ini hehehe :D
     seperti yang saya bilang tadi, kangen (kekarepan angen) adalah keinginan angan, dimana otak kita mempunyai keinginan atau hasrat lalu berangan-angan berharap apa yang pernah dilewatinya cepat-cepat terulang. contoh: kangen pelukan,ciuman,bercanda (yang pernah dijalani)
     sedangkan rindu adalah rintihan dada ingin bertemu , terdengar lebih menyiksa ya?hehehe ..
ya,rindu letaknya lebih menjurus di dalam kalbu (tentunya ditambah awalan me- dan akhiran -kan = merindukan). makanya kata rindu kebanyakan dipakai dalam syair-syair puisi yang terdengar lebih menyiksa kalbu.contoh kecil : - aku merindukanmu duhai kekasihku (dalam ya)
                               - aku kangen kamu duhai kekasihku (kaya cuma gombalan hehehhe)

 nah selain kata rindu itu maknanya lebih dalam daripada kangen,, kata rindu juga biasa diucapkan pada kejadian yang belum pernah di alami,tapi diyakini pernah terjadi menimpa orang-orang sebelum kita. misalnya: saya rindu sosok presiden soekarno (padahal saya lahirnya aja jauh setelah presiden soekarno meninggal hehehe). pengucapan rindu umumnya pada hal yang lebih positif, sedangkan kangen biasanya lebih ke arah hasrat,pikiran otak dan nafsu, meski sering juga dipakai untuk hal positif.
dibawah ini contoh kecil lagi,mengenai penggunaan kata yang tepat,untuk menguatkan alasan kangen dan rindu itu beda:

* kangen ciuman (pas)
   rindu ciuman (kurang pas)
* rindu sosok presiden soekarno (pas)
   kangen sosok presiden soekarno (kurang pas)

dan masih banyak lagi kalimat-kalimat yang akan menempatkan kangen atau rindu dan jika dipahami akan jadi pembeda arti keduanya.

itulah pendapat dari saya,, terinspirasi dari update status fb nick rafflesia java saya pada oktober 2011:

  ラフレシアジ ャワ : kangen memang menyiksa, tapi rindu lebih menyiksa (rafflesia java)

nah,,kiranya mata udah mulai ngantuk berat sekaliiiii ini,, mohon maaf kalau salah ini cuma coret-coret iseng aja, dan saya sendiri bukan orang lulusan bahasa hehehehe okkk,, kaburrrr :D *CLINK*

6 komentar:

  1. thanks broo udh mampir,maaf telat nih,blm ada kesempatan panjang urus blog

    BalasHapus
  2. ma kaceh bwt blognx...rindu atw kangen yah. . .hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih juga buat komentarnya :D sepertinya anda hanya kangen hehehehe :P
      ngmg2 tetangga saya ada yg jd dosen di tempat anda loh :D

      Hapus
    2. pak dhe bambang,udh lama bgt disana jaman saya msh kecil,,istrinya jg org sana,,kmrn sih orgnya lanjut kuliah lg di jogja,,tp skrg udh balik lagi di lombok. fbnya ini https://www.facebook.com/pakde.bambangdhp

      Hapus

silahkan berkomentar sobat,anda sopan kami segan :)